Maret 19, 2010
1.
Perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan
RESTORAN SATE PANCORAN
Dalam dua tahun terakhir ini, industri
restoran berkembang sangat pesat. Dari 1.588 restoran dan kafe pada 2001
menjadi 2.050 pada Mei 2003. Tingkat pertumbuhan yang tinggi ini sejalan dengan
tingkat persaingan antar restoran yang juga semakin tinggi. Strategi yang diterapkan
restoran tidak bisa lagi hanya mengandalkan kualitas makanan dan minuman, namun
juga pelayanan dan kenyamanan suasana serta pembentukan identitas yang kuat.
Dalam menyikapi persaingan industri restoran yang semakin tinggi, Restoran Sate
Pancoran mempunyai strategi bisnis sendiri yang sesuai dengan visi dan misinya.
Namun, dalam usaha untuk mempertahankan identitasnya sebagai restoran
tradisional, Restoran Sate Pancoran kurang fleksibel dalam menyikapi perubahan
lingkungan. Restoran ini masih memakai teknologi manual disaat perkembangan
teknologi peralatan masak semakin maju dan masih mengandalkan sumber daya
internal untuk pengembangan bisnis disaat restoran lain semakin ekspansif
dengan mengadopsi format bisnis waralaba. Dengan kenyataan banyaknya restoran
yang terus mengikuti kedinamisan perubahan pasar, maka dilakukanlah penelitian
ini untuk merumuskan strategi bisnis yang dapat diterapkan sampai beberapa
tahun ke depan.
Visi Perusahaan :
” Mewujudkan Restoran Sate Pancoran
sebagai Indonesian Satay Garden yang bernuansa tradisional namun berwawasan
internasional ”.
Misi Perusahaan :
·
Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan
disajikan (makanan).
·
Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap
pada koridor tradisional.
·
Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa
operasional yang maksimal.
·
Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi
restoran terbaik di Indonesia.
Strategi Perusahaan :
Strategi yang tepat untuk diterapkan
adalah strategi bertahan dan memelihara.
·
Penetrasi pasar, yang terdiri dari melakukan penyegaran terhadapbrand
image, penerapan format bisnis waralaba, melakukan promosi-promosi aktif
dan mengembangkan pola kemitraan.
·
Pengembangan produk. Termasuk dalam strategi ini adalah meningkatkan
kualitas produk dan layanan, terus melakukan modifikasi dan pencarian
varian-varian sate, mengembangkan menu sehat, dan menciptakan suasana makan
yang menyenangkan.
·
Pengembangan Karyawan yang tersusun atas strategi-strategi peningkatan
keterampilan dan kemampuan karyawan dan pengembangan sistem reward.
McDONALD’S INDONESIA
Restoran McDonald’s hadir di Indonesia
pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald’s seluruh dunia. H.
Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil
mendapatkan hak master franchise dari McDonald’s Corporation
dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai
Presiden Direktur McDonald’s Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang
pertama di Sarinah Thamrin Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti
training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.
Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran
McDonald’s dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke
tingkat managerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22
Februari 1991, restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan
mempekerjakan 460 crew dan 26 manager. Perkembangan McDonald’s
Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran
McDonald’s Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan
seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA.
Visi Perusahaan :
” To be the world’s best quick
service restaurant experience ” (Menjadi restoran cepat saji yang
paling berpengalaman, paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia).
Misi Perusahaan :
“ Memahami tentang misi kami dan
bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald’s ”.
Strategi Perusahaan :
·
Strengths
o
Mc Donald mempunyai a strong global presence dengan
kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc Donald
merupakan pemimpin pasar (market leader) baik secara domestik, maupun
internasional.
o
Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “ I’m Loving It ” dalam
setiap pemasarannya.
o
Adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu
dengan menelpon 14045.
o
Tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
mempunyai daya tarik tersendiri.
·
Opportunities
o
Menciptakan produk baru, Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk
mempengaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk
mengantarkan pesanan khusus.
o
Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi
muda dan kelompok yang telah berumur.
o
Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan
bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan.
·
Threat
o
Industri makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga
persaingan juga semakin ketat.
o
Adanya tekanan dari beberapa pihak mengenai makanan cepat saji dengan
masalah obesitas.
o
Bagi konsumen yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan
yang kurang sehat.
·
Weakness
o
Harga yang kurang kompetitif, sehingga dapat mengurangi kemampuan
perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
o
Teknik pemsaran atau periklanan yang hanya diutamakan pada anak-anak.
1.
Perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk.
(TELKOM)
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
(TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara informasi dan telekomunikasi (InfoComm)
serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full
service and network provider) yang terbesar di Indonesia. TELKOM (yang
selanjutnya disebut juga Perseroan atau Perusahaan) menyediakan jasa telepon
tidak bergerak kabel (fixed wire line), jasa telepon tidak bergerak
nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (cellular),
data & internet dan network & interkoneksi baik secara langsung maupun
melalui perusahaan asosiasi.
Visi perusahaan :
“ To become a leading InfoComm player in
the region “. TELKOM berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoComm terkemuka
dikawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi Perusahaan :
·
TELKOM memberikan layanan “ One Stop Infocomm Service with
Excellent Quality and Comparative Price and to be The Role Model as the Best
Managed Indonesian Comporation ” dengan jaminan bahwa pelanggan akan
mendapatkan layanan terbaik berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas
dengan harga kompetitif.
·
TELKOM mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan
mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang
kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling
mendukung secara sinergis.
Strategi Perusahaan :
TELKOM terus berupaya memberikan layanan
terbaik kepada pelanggannya. Untuk mewujudkan komitmennya tersebut, TELKOM
bermitra dengan perusahaan-perusahaan global yang terbaik di bidangnya.
PT INDONESIAN SATELLITE CORPORATION, TBK
(INDOSAT)
(INDOSAT)
PT. Indonesian Satellite Corporation
(Indosat) didirikan pada tahun 1967 sebagai anak perusahaan yang dimiliki
secara penuh olehInternational Telephone and Telegraph Corporation (ITT).
Tahun 1969, Indosat memulai operasi komersialnya dan telah menjadi penyedia
utama jasa telekomunikasi internasional di Indonesia, menghubungkan Indonesia
secara langsung ke hampir 252 negara dan tujuan di seluruh dunia. Bisnis utama
Indosat adalah menyediakan jasa switched dan non-switched telekomunikasi
internasional. Indosat ditugaskan pemerintah Indonesia untuk membangun,
mentransfer, dan mengoperasikan selama 20 tahun sebuah stasiun bumi Intelsat di
Indonesia untuk mengakses penggunaan kapasitas Intelsat di satelitIndian
Ocean Region (IOR). Tahun 1980, ITT menjual Indosat kepada pemerintah
Indonesia. Setelah transfer, Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara dalam
bentuk Perseroan Terbatas, dan menjadi satu-satunya penyedia jasa telekomunikasi
internasional di Indonesia. Pada waktu itu, Pemerintah Indonesia mentransfer
kepemilikan fasilitas Indosat kepada Indosat. Tahun 1982, dalam rangka
memisahkan secara efektif jaringan telekomunikasi domestik dan internasional,
seluruh kepemilikan Perumtel pada kabel bawah laut internasional dan gerbang
serta operator internasionalnya di Jakarta ditransfer ke Indosat dan Indosat
mentransfer aset tertentu yang berhubungan dengan telekomunikasi domestik ke
Perumtel. Pada bulan Oktober 1994, Indosat menyelesaikan initial global
public offering saham-sahamnya. Saham-saham tersebut diperdagangkan
baik di Bursa Efek Jakarta maupun New York Stock Exchange.
Visi Perusahaan :
·
Mempertahankan kepemimpinan pasar dalam jasa telekomunikasi internasional
di Indonesia.
·
Memperkuat posisinya sebagai perusahaan telekomunikasi berkelas dunia.
·
Menjadi pemain global dalam industri telekomunikasi dunia.
Misi Perusahaan :
·
Menyediakan jasa terbaik pada konsumen.
·
Memberikan hasil terbaik kepada pemegang saham.
·
Mempertahankan dan meningkatkan citra terbaik perusahaan.
Strategi Perusahaan :
·
Strength
Kekuatan Indosat antara lain terdapat
pada: hak duopoli yang dimilikinya, pengalaman mengelola bisnis telekomunikasi
internasional, kekuatan manajemen dan budaya perusahaan, rangkaian produk dan
jasa yang luas, teknologi yang mutakhir pada peralatannya, kualitas produk dan
jasa, serta citra perusahaan yang baik.
·
Weakness
Kelemahan Indosat antara lain terdapat
pada: kurangnya kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli
yang dimilikinya, rentannya likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban
yang dimilikinya, dan diversifikasi yang berlebihan seperti pada perusahaan
anak dan afiliasi yang kurang menguntungkan.
·
Oppurtunities
Peluang bagi Indosat antara lain:
besarnya pasar domestik yang belum tergarap, perluasan usaha baru yang
melingkupi bisnis inti yang cukup menguntungkan, dan bisnis telekomunikasi
global yang cukup menjanjikan.
·
Threat
Ancaman bagi Indosat antara lain:
masuknya pendatang baru terutama dari luar negeri sehubungan akan berakhirnya
hak duopoli, kompetisi global yang memasuki pasar domestik, dan krisis ekonomi
yang melanda Indonesia.
1.
Perusahaan yang bergerak dalam bidang transporatasi
PT. GARUDA INDONESIA
Visi Perusahaan :
‘Perusahaan Penerbangan Pilihan Utama di
Indonesia dan Berdaya Saing di Internasional’
Misi Perusahaan :
·
Melaksanakan usaha jasa angkutan udara yang memberikan kepuasan kepada
pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaan secara
profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi
tinggi.
·
Menghasilkan keuntungan dengan jaringan domestik yang kuat untuk terus
meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan,
wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan.
·
Memiliki bisnis unit yang mendukung produk inti untuk meningkatkan
keuntungan serta menghasilkan pendapatan tambahan dari usaha unit pendukung
tersebut.
Strategi Perusahaan :
·
Corporate Level
Berbicara mengenai di dalam bisnis apa
perusahaan akan berpartisipasi dan pembagian sumber daya ke masing-masing
bisnis unit. Berdasarkan corporate level strateginya, maka
Garuda Indonesia diklasifikasikan ke dalam perusahaan related
diversified firm yaitu perusahaan yang beroperasi di bidang industri
yang mirip dan mereka berhubungan satu sama lain melalui operating
synergies. Operating synergies ini dapat berupa :
-
kemampuan untuk membagi sumber daya
-
kemampuan untuk membagi core competency (sesuatu yang membuat
suatu perusahaan sukses dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi
customer).
·
Bussiness Unit Level
Fokus dari strategi yang diterapkan pada
level bisnis unit ini adalah bagaimana menciptakan dan menjaga keunggulan
kompetitif di setiap industri yang dimasukinya. Ciri bisnis unit adalah dapat
mengambil keputusan dan memiliki strateginya sendiri-sendiri tapi tujuan
utamanya tetap sama dengan perusahaan induknya. Usaha utama Garuda adalah jasa
penerbangan, dan business unitnya pun sejalan dengan kegiatan utama perusahaan.
Jadi bisa dibilang Garuda menggunakan pola Aviation Business Model untuk mengembangkan
usahanya. Berikut ini adalah Bussiness Unit Level Strategy yang
diterapkan oleh BU maupun anak perusahaan Garuda.
PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)
Visi Perusahaan :
Menjadi penyedia jasa perkeretaapian
terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi Perusahaan :
Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian
dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi
terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan
kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan
waktu, pelayanan dan kenyamanan.
Strategi PT KAI :
Kebutuhan dan keinginan masyarakat atas
pelayanan transportasi dewasa ini semakin tinggi dan memuntut pelayanan lebih
baik. Untuk memenuhinya, management style yang diterapkan
adalah “Jazz Leadership”.
Agar PT KAI menjadi besar diterapkan
efisiensi dan efektivitas anggaran. Sedangkan untuk memenangkan persaingan dari
para kompetitor ditempuh penetapan target pasar, positioning produk dan
penentuan segmen pasar.
Strategi yang diterapkan dan target
pasar yang dibidik adalah menciptakan nilai dengan memperhatikan variabel
psikografi dan variabel perilaku. PT KAI membagi segmen pasar ke dalam beberapa
tingkatan.
Auliya
27208029
Kaitkata: Visi Misi dan Strategi
Ditulis dalam Visi, Misi dan Strategi Perusahaan yang Bergerak dalam Bidang Makanan, telekomunikasi dan Transportasi | Tinggalkan sebuah Komentar »
Ditulis dalam Visi, Misi dan Strategi Perusahaan yang Bergerak dalam Bidang Makanan, telekomunikasi dan Transportasi | Tinggalkan sebuah Komentar »
Februari 25, 2010
Apa yang anda ketahui tentang manajemen,
strategik dan manajemen strategik ?
Pengertian Manajemen
Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa
Inggris), turunan dari kata “ to manage” yang artinya mengurus atau
tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan
bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang
yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pengertian Manajemen menurut beberapa
ahli yaitu :
1. Menurut James A.F Stoner, Manajemen
adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya
yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya.
2. Menurut Mary Parker Follet, Manajemen
adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain
dibutuhkan keterampilan khusus.
3. Menurut Drs. Oey Liang Lee, Manajemen
adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan
pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
4. Menurut R. Terry, Manajemen merupakan
suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya.
5. Menurut Lawrence A. Appley, Manajemen
adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain
6. Menurut Horold Koontz dan Cyril
O’donnel, Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui
kegiatan orang lain.
Sebenarnya ada banyak versi mengenai
definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu
sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah “Manajemen adalah
suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan, yang dilakukan
untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.
Pengertian Strategik
Strategi adalah rencana jangka panjang
dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu,
yang umumnya adalah “kemenangan”.
Asal kata “strategi” adalah turunan dari
kata dalam bahasa Yunani, strategos.
Pengertian strategi menurut Glueck dan
Jauch adalah Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan
keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang
untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui
pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
Pengertian strategi secara umum dan
khusus sebagai berikut :
Pengertian Umum
Strategi adalah proses penentuan rencana
para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi,
disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat
dicapai.
Pengertian Khusus
Strategi merupakan tindakan yang
bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus,
serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para
pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa
yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya
kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan
kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi
inti di dalam bisnis yang dilakukan.
Pengertian Manajemen Strategik
Manajemen strategis merupakan proses
atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan
menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan
dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk
mencapai tujuan.
Pengertian Manajemen Strategik menurut
beberapa ahli yaitu :
1.
Menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen strategik
adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan
pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai
sasaran-sasaran organisasi.
2.
Menurut Nawawi adalah perencanaan berskala besar (disebut perencanaan
strategi) yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi),
dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat
mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara
efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan
operaional untuk menghasilkan barang dan atau jasa serta pelayanan) yang
berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut strategis)
dan berbagai sasaran (tujuan operasional) organsasi.
Dari pengertian-pengertian yang cukup
luas tersebut menunjukkan bahwa manajemen strategik merupakan suatu sistem yang
sebagai satu kesatuan memiliki berbagai komponen yang saling berhubungan dan saling
mempengaruhi dan bergerak secara serentak (bersama-sama) kearah yang sama pula.
Kemampuan hardskill dan softkill apa
saja yang harus di perlukan oleh seorang manajer ?
Manajer memiliki peran yang penting
dalam meningkatkan kepuasan dan komitmen karyawan. Para manajer dituntut untuk
bisa membantu karyawan memahami strategi organisasi secara keseluruhan dan
bagaimana pekerjaan mereka mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Para manajer
juga harus memastikan pimpinan senior mengambil tindakan yang perlu berdasarkan
umpan balik dari karyawan untuk memastikan perusahaan tetap kompetitif.
Adapun keterampilan yang harus dimiliki
oleh seorang manajer, yakni :
1. Ketrampilan konseptual (conceptional
skill)
Manajer tingkat atas (top manager) harus
memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan
organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan
menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu.
Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya
disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan
konsepsional juga merupakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.
2. Keterampilan berhubungan dengan orang
lain (humanity skill)
Manajer juga perlu dilengkapi dengan
keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain,
yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus
selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi
yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai
dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan
berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun
bawah.
3. Keterampilan teknis (technical
skill)
Keterampilan ini pada umumnya merupakan
bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini
merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya
menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan
lain-lain.
Selain tiga keterampilan dasar di atas,
Ricky W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki
manajer, yaitu:
1. Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada
kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara
bijaksana.
2. Keterampilan membuat keputusan
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan
masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat
keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok
manajer atas (top manager).
Griffin mengajukan tiga langkah dalam
pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan
mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua,
manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah
alternatif yang dianggap paling baik. Dan terakhir, manajer harus
mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan
mengevaluasinya agar tetap berada di jalur yang benar.
Berikut yang dapat saya simpulkan,
kemampuan hardskill dan softskill yang diperlukan oleh seorang manajer, adalah
:
Hardskill : mempunyai kemampuan dalam
menganalisis dan menggunakan berbagai alat yang ada, seperti komputer.
Softskill : mempunyai kemampuan dalam
suatu organisasi dalam memanage para karyawan.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar